Translate

Laman

Selasa, 10 Februari 2015

Jadi Masinis Itu Menyenangkan

Jadi Masinis Itu Menyenangkan


Jadi Masinis Itu Menyenangkan Masinis KRL Jabodetabek Agi Priyanto (Foto: Wiwik Ermawati/Teen Voice)

Tahu supirnya kereta api siapa? Yup, benar sekali, masinis! Menjadi masinis itu sepertinya bukan pekerjaan mudah, soalnya harus bawa kereta api yang panjang dan berat. Belum lagi harus bertanggung jawab mengantar ribuan orang sampai tempat tujuan. Hmm..bagaimana ya rasanya jadi masinis? Kita simak cerita Kak Agi Priyanto yang sudah menjadi masinis Kereta Rel Listrik (KRL) untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sejak tahun 2007. Kak Wiwik Ermawati ngobrol dengan sama Kak Agi, dalam Bincang Kita.

Bisa diceritain enggak, bagaimana bisa jadi seorang masinis?
Jadi seorang masinis itu sudah cita-cita dari kecil, kebetulan juga sudah diperkenalkan soal kereta dari kecil dan orangtua bekerja di kereta api.

Tugas masinis itu apa aja sih kak?
Ya salah satu tugas masinis itu membawa penumpang sampai tujuan dan juga membawa kereta.

Kak kan udah dari tahun 2007 jadi masinis, asyik enggak sih kak?
Asyik banget, apalagi kalau pekerjaan itu sudah menjadi cita-cita dan kebanggan diri sendiri dan keluarga.

Suka duka jadi seorang masinis apa sih kak?
Sukanya sih saya bangga menjadi seorang masinis dengan membawa beban yang berat seperti kereta dan mengangkut ribuan penumpang dari rumah sampai ke tempat tujuan mereka dari yang sekolah, kerja sampai pedagang juga naik kereta api.

Kesulitannya apa sih kak jadi masinis?
Kita bergelut dengan barang yang berat yaitu kereta langsung ke penumpang dan banyak. Kejadian-kejadian sering terjadi ya, karena kita membawa barang yang berat biasanya ada trouble atau masalah di jalan dan gangguan di lintasan kereta atau sarana seperti sinyal.

Ada prestasi enggak selama jadi seorang masinis?
Prestasi saya dulu pendidikan masinis saya juara tiga dan setahun lalu kaya dikirim ke Cina oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melihat perkembangan kereta api di sana.

Terakhir kak, kalau sobat teen pengen jadi masinis bagaimana sih caranya?
Menjadi seorang masinis yang baik ya harus tekun belajar. Kalau sudah lulus sekolah bisa langsung melamar ke kereta api. Jadikan pekerjaan itu suatu hobby atau kesenangan bukan jadi beban, maka kita akan menjadi masinis yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar